Inilah Beberapa Bahaya Susu Kental Manis Jika Dikonsumsi Oleh Bayi

Leave a Comment

Selain bahaya jika di komsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak, ternyata susu kental manis juga sangat bahaya jika dikonsumsi oleh bayi. Sehingga banyak orangtua yang tidak menyadari bahaya dari susu kental manis tersebut. 

Susu kental manis memang memiliki kandungan gizi yang banyak, tetapi kandungan gulanya yang sangat tinggi bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan bayi dan balita. 

Nah kali ini akan mengupas tentang beberapa dampak buruk susu kental manis jika dikonsumsi oleh bayi, sebagai berikut :

1. Kebutuhan Anak Berbeda Sesuai Dengan Tahapan Usia
Setiap anak memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda sesuai dengan tahapan usianya. Sehingga kandungan gizi yang ada dalam susu kental manis tidak cocok dengan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bayi. Karena susu kental manis hanya diperuntukan bagi anak diatas lima tahun keatas.

2. Karena Organ Tubuh Bayi Masih Belum Bisa Mencerna Kandungan Nutrisi Kompleks
Sistem pencernaan pada bayi masih belum sempurna, sehingga bayi belum mampu mencerna kandungan nutrisi kompleks selain dari ASI dan susu formula khusus bayi. Sehingga kalau mengkonsumsi susu kental manis bisa merusak sistem pencernaannya.

3. Bisa Menyebabkan Resiko Gangguan Kesehatan
Kandungan yang terdapat dalam susu kental manis bisa merusak fungsi ginjal pada bayi, karena susu selain ASI dan susu formula khusus bayi memiliki kandungan natrium yang tinggi sehingga ginjal bayi tidak bisa mencernanya.

4. Menimbulkan Sesak Nafas
Seperti yang dilansir dari berita seputar kesehatan, susu kental manis ini memiliki kandungan lemak dan gula yang cukup tinggi, sehingga tubuh balita belum mampu untuk mencerna kandungan tersebut. Akibatnya, hal itu dapat membuat tenggorokkannya berlendir sehingga ia akan kesulitan untuk bernafas. 

5. Menimbulkan Penyakit Batuk
Bahaya terkahir yang akan dirasakan anak balita jika sering mengonsumsi susu kental manis, yakni bisa terkena penyakit batuk. Ya, hal itu juga dikarenakan tenggorokkan balita belum mampu dengan kandungan yang ada pada susu kental manis tersebut. 

Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa bahaya susu kental manis jika di konsumsi balita. Semoga bermanfaat.
Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment